Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

6 Temuan Menakjubkan di Dasar Laut, Nomor 3 Mencengangkan

Sebanyak 70% lapisan Bumi dipenuhi air laut. Namun ternyata, belum semua permukaan laut telah dijelajah dan diteliti. Dari total seluruh permukaan laut, kurang lebih baru 5% permukaan laut yang sudah dijelajahi. Hal ini berarti masih banyak penemuan yang belum ditemukan dan diketahui di kedalaman sana.

Dari keseluruhan permukaan laut yang telah dijelajahi, para peniliti berhasil menemukan penemuan yang luar biasa, meski baru sebagian kecilnya saja. Namun, sebagian kecil ini sudah mampu membuat mahluk daratan tercengang melihatnya.

Berikut 6 penemuan menakjubkan yang ditemukan di dalam laut.

1. Patahan Lempengan Tektonik

Pemandangan menakjubkan yang dihadirkan kedua lempengan ditemukan di kedalaman laut lempengan tektonik Amerika Utara dan lempengan tektonik Eurasia. Pergerakan melebar yang dilakukan kedua lempengan ini membuatnya terlihat seperti jalur panjang yang ada di bawah air. Kedua lempengan ini terus melebar sekitar 2,5 cm setiap tahunnya.

2. Situs Purba

Tidak ditemukan di dalam gua atau di tengah hutan. Situs purba kali ini ditemukan di permukaan danau Michigan. Danau Michigan merupakan salah satu danau terbesar di dunia. Pada tahun 2007, profesor arkeologi bawah laut bernama Mark Holley dan rekannya menemukan situs purba.

Situs ini ditemukan di kedalaman 12 meter danau Michigan. Mereka juga menemukan ukiran mastodon, salah satu hewan purba yang telah punah sejak 10.000 tahun lalu. Sampai saat ini, masih belum diketahui berapa umur situs purba tersebut.

3. Kota Kuno Heracleion

Pada tahun 2000, arkeolog Prancis bernama Franck Goddio bersama rekannya melakukan penjelajahan di lepas pantai Mesir. Menyusur sejauh 6,5 km dari bibir pantai pada kedalaman 50 m, mereka menemukan reruntuhan kota kuno Heracleion.

Namun, hingga kini para ilmuan dan arkeolog masih melakukan penelitian dan mengangkat reruntuhan kota yang tidak ternilai harganya ini ke permukaan.

4. Piramida

Tidak hanya di Mesir, piramida juga terdapat di permukaan bumi lainnya. Salah satunya di Indonesia, yaitu situs gunung padang di Jawa Barat yang diyakini sebagai piramida prasejarah. Namun, piramida tidak hanya ada di atas permukaan, di bawah permukaan juga ada yaitu piramida Yonaguni.

Dinamakan Piramida Yonaguni karena piramida ini ditemukan di bawah laut Yonaguni, Jepang. Piramida ini ditemukan pada tahun 1987. Menurut pendapat ahli, usia piramida bisa lebih dari 10.000 tahun.

5. Sungai di Bawah Laut

Sebagian orang mungkin akan heran jika mendengar ada sungai di dalam laut. Nyatanya ini memang benar ada. Sungai dalam laut ini ditemukan oleh ilmuan Inggris. Jika sungai ini ada di permukaan bumi, sungai ini akan menjadi salah satu sungai terbesar di dunia.

Sungai bawah laut ini memiliki jarak 1 km dan memiliki kedalaman hingga 35 m. Bahkan, sungai ini memiliki air terjun, arus, dan pusaran air. Para ilmuan telah menyatakan bahwa sungai ini terbentuk dari pertemuan air asin laut Marmara dengan air di laut hitam beberapa abad lalu.

6. Kota Bawah Air Shi Cheng

Kota ini terletak di Zhejiang, sebuah provinsi di Tiongkok bagian timur. Suatu hari kota ini menghilang tertelan air. Munculnya air disebabkan oleh pembangunan pembangkit listrik yang menyebabkan kota ini mengalami kebanjiran.

Akibatnya, pemerintah harus mengevakuasi penduduk kota. Kemudian di kota tersebut dibuat bendungan yang membuat Shi Cheng benar-benar tenggelam. Meskipun kejadian ini sudah terjadi berpuluh-puluh tahun lalu, kondisi kota ini masih terlihat utuh, seakan air dan waktu tidak bisa menghancurkan kota ini.

sumber: liputan6.com