Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mempersiapkan Sukses Sejak Umur 20an Kenapa Tidak

beberapa waktu lalu saya membaca artikel ini dari sebuah iklan di yahoo, dan artikel ini cukup menarik sehingga memuat saya ingin memposting ulang untuk kalian baca, semoga bermanfaat

Definisi sukses bagi setiap orang bisa jadi berbeda-beda. Ada yang menganggap sukses berarti memiliki pekerjaan dengan jabatan lumayan tinggi dan gaji minimal kepala tiga, punya apartemen atau mobil mewah. Tetapi ada pula yang merasa sukses jika dapat menjalani hidup yang tenteram, tidak peduli berapa besar gaji.

Karena beda definisi, target orang terhadap sukses pun berbeda-beda. Lalu apa yang bisa dikerjakan guna mempersiapkan sukses sejak umur 20-an? Secara umum hal-hal ini akan dapat mengarahkan Anda ke jalur yang benar:

1. Pergi travelling
Jika pada saat berumur 20-an Anda punya kesempatan melancong ke negeri lain, lakukanlah! Jangan lupa melakukan interaksi sosial dengan orang-orang yang Anda temui sepanjang perjalanan. Bicaralah dengan orang dari berbagai ras dan latar belakang – tak peduli kaya atau miskin.

Pelajari budaya baru. Buka wawasan. Memiliki perspektif luas dan kemampuan berkomunikasi dengan beragam jenis orang adalah aset penting di era globalisasi.

2. Jangan batasi peluang
Hal ini biasa terjadi pada orang-orang yang mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama selepas lulus kuliah. Mereka tergoda untuk cepat puas. Sayang sekali! Umur 20-an justru saatnya mencoba pekerjaan dan industri sebanyak-banyaknya, tanpa khawatir. Jangan jadikan uang sebagai patokan karier satu-satunya.

Umur 20-an adalah peluang emas dan terbatas untuk berpikir kreatif, bereksperimen dengan minat, mencoba jalur karier yang “tidak biasa”, dan memperluas cakrawala. Pengalaman kerja yang luas akan membantu Anda menemukan pekerjaan yang benar-benar Anda nikmati (dan terlihat keren di resume).

3. Pelajari manajemen waktu dan uang
Baik dari sisi kehidupan personal maupun bisnis, kemampuan mengatur uang dan waktu merupakan dua hal yang amat penting untuk dimiliki. Jika Anda mampu menguasai seni perencanaan, alokasi waktu dan uang (termasuk menabung sedari awal), Anda sebenarnya telah menyelamatkan diri sendiri dari stres. Tak hanya sukses sebagai seorang karyawan, tetapi juga sebagai seorang teman, orangtua, dan kekasih yang lebih baik.

4. Hidup seimbang dan bertanggungjawab
Banyak orang menghabiskan umur 20-an mereka dengan bersenang-senang (maklum masih muda, sudah lulus kuliah dan punya penghasilan sendiri, kapan lagi bisa menikmati hidup seperti ini?). Tidak ada yang salah dengan pergi nongkrong, mencoba hal-hal baru, atau begadang bersama teman.

Tapi ingat: tubuh Anda tidak akan terima “disiksa” seperti ini terus-menerus. Masa muda adalah masa terbaik untuk belajar pentingnya mencari keseimbangan. Anda akan hidup lebih sukses jika menerapkan hidup seimbang.

sumber: axa.co.id